Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar didirikan pada tanggal 23 Juni 1954 dan ditinjau dari segi usia UMI merupakan Perguruan Tinggi tertua dikawasan timur Indonesia dan sekaligus merupakan Perguruan Tinggi Swasta terbesar dikawasan timur Indonesia dan menjadi kebanggan Ummat Muslim Sulawesi Selatan.
Universitas Muslim Indonesia diselenggarakan oleh masyarakat dalam bentuk Yayasan yakni Yayasan Badan Wakaf UMI, bergerak dibidang pendidikan dan dakwah. Dalam jalur pendidikan UMI membina pendidikan akademik mulai dari strata Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3, Strata satu (S.1) dan Strata dua (S.2), yang tergabung dalam 12 Fakultas dan satu Akademi, 58 Program Studi. Hingga Tahun Akademik 2003/2004 Student Body Unversitas Muslim Indonesia Makassar yang didukung dengan Tenaga Pengajar penuh waktu (dosen tetap) 371 orang, DPK 125 orang, LB 239 orang dan Pegawai Administrasi 282 orang.

Hadirnya lembaga Pendidikan Tinggi yang ernafaskan islam ini bermula dari gagasan yang mulai digulirkan pada tahun 1950-an yang dipelopori oleh K.H. Muhammad Ramly, H. Sewang Daeng Muntu, La Ode Manarta, Nasiruddin Rahmat, Sutan Muhammad Yusuf Samah, dan A. Waris sepakat mewujudkan keinginan menjadi kenyataan pada tanggal 23 Juni 1954 bertepatan dengan 22 Syawal 1373 H.

Hadirnya lembaga Pendidikan Tinggi yang bernafaskan islam ini bermula dari gagasan yang mulai digulirkan pada tahun 1950-an yang dipelopori oleh K.H. Muhammad Ramly, H. Sewang Daeng Muntu, La Ode Manarta, Nasiruddin Rahmat, Sutan Muhammad Yusuf Samah, dan A. Waris sepakat mewujudkan keinginan menjadi kenyataan pada tanggal 23 Juni 1954 bertepatan dengan 22 Syawal 1373 H.

K.H. Muhammad Ramly (Dewan Maha Guru), La Ode Munarta (Dewan Kurator), Andi Maddaremmeng (Dewan Wakaf), dan Chalid Husain (Sekretaris) menandatangani azas piagam UMI pada bulan yang sama. Hadir dalam acara penanda tanganan peresmian pendirian UMI antara lain: Andi Burhanuddin (mewakili kementrian P dan K), H. Muhammad Akib (mewakili kementrian Agama) dan K.H. Muhammad Ramly (mewakili alim ulama).

Dipilihnya nama Universitas Muslim Indonesia menurut para pendirinya karena nama itu bermakna membina ummat islam, dalam bahasa arab disebut Jamiah Tul Muslimin Indonesia yang bermakna menghimpun ummat islam sedangkan dalam bahasa Inggris Moslem University of Indonesia yang bermakna Universitas Milik Ummat Islam Indonesia.

Untuk merealisasikan amanah dan mencapai sasaran UMI melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat telah menetapkan:

Visi
Menjadi Universitas sebagai Lembaga Pendidikan dan Dakwah yang terkemuka, melahirkan manusia berilmu amaliah dan beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah, terutama yang terkait dengan pengembangan Ilmu Pegetahuan, Teknologi, Kesenian, dan Budaya dalam rangka Syiar Islam serta memperjuangkan kepentingan Ummat secara global sebagai wujud pengabdian kepada Allah Subhanahu Wa Taala.

Misi
Membentuk manusia yang amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah yang adaptif, transformatif dan inovatif. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi Kesenian, dan Budaya dalam rangka pembuktian dan pengejawantahan kebenaran Allah SWT, dan pengembangan Syariat Islam.

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan :

Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan dan mengembangkan atau memperkaya khasanah Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kesenian yang islami terutama setelah menyelesaikan program pemndidikannya.

Mengembangkan dan menyebarkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kesenian yang islami serta mengupayakan penggunaannya untuk memperkaya Kebudayaan Nasional dan meningkatkan tarap hidup masyarakat di Negara Republik Indonesia yang diridhoi oleh Allah SWT.

Meningkatkan kualitas manusia Indonesia sebagai Khalifah Allah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, berilmu amaliah dan beramal ilmiah, percaya diri sehat jasmani dan rohani serta mampu menempatkan dirinya dalam suatu tatanan kehidupan yang islami.

Mencerdaskan kalbu segenap mahasiswa UMI agar mampu mengembangkan potensi insaniyah, memiliki semangat yang kreatif, dan jiwa yang dinamis.

—-Jl. Urip Sumoharjo Km 5 Makassar
Makassar, Indonesia
—- Telp. +62-0411-449775 – 453308 Fax. 0411-453009

Situs Web:
http://www.umi.ac.id